Sistem pakar dan jaringan saraf memiliki potensi terbesar untuk digunakan dalam memecahkanmasalah bisnis. Keduanya mirip contoh sistem berbasis pengetahuan.
Daya tarik Sistem Pakar
- Menawarkan kesempatan untuk dapat membuat keputusan yang melebihi kemampuan manager.
- Dapat menjelaskan alur penalaranya dalam mencapai suatu pemecahan masaslah.
Terdiri dari 4 bagian utama :
- User interface, memungkinkan pemakai untuk beriteraksi dengan sistem pakar.
- Knowledge Base, menyimpan akumulasi pengetahuan dari masalah yang akan diselesaikan.
- Inference Engine, menyediakan kemampuan penalaran yang menafsirkan isi knowledge base.
- Development Engine, pakar dan analis sistem menggunakan ini untuk menciptakan sistem pakar.
Memungkinkan manager untuk memasukkan intruksi dan informasi kedalam sistem pakar dan menerima informasi dari sistempakar. Intruksi tersebut menentukan parameter yang mengarahkan sistem pakar melalui proses panalaran. Informasi tersebut berupa nilai yang diberikan pada variable tersebut.
Input sistem Pakar
Format interface yang sangat populer saat ini adalah graphical user interface, yang menampilkan tampilan windows.
Output Sistem Pakar
Sistem pakar dirancang untuk menyarankan pemecahan. Pemecahan ini dilengkapi dengan penjelasasn.
Ada 2 jenis penjelassan :
- Penjelasan atas pertanyaan. sistem pakar akan memeinta manager untuk memasukkan sejumlah informasi. Manager menanyakan mengapa informasi itu diperlukan dan sistem pakar menyediakan penjelasanya.
- Penjelasan atas masalah. Setelah sistem pakar memberikan pemecahan masalah, manager dapat meminta penyelesaian bagaimana itu dicapai. sistem pakar akan menampilkan tiap langkah-langkah penalaran yang menuju penyelesaian.
Memuat fakta-fakta yang menjelaskan area masalah dan menerangkan bagaimana bagaimana fakta-fakta tersebut bisa cocok satu dengan yang lain dengan urutan yang logis. Problem Domain digunakan unutk menjelaskan area masalah.
Aturan
Teknik penyelesaian masalah yang populer adalh penggunaan aturan. Aturan menentukan apa yang harus dilakukan dalam situasi & terdiri dari 2 bagian: suatu kondisi yang mungkin benar, mungkin tidak dan tindakan yang harus diambil jika kodisinya benar.
Inference Engine
Adalah bagian dari sistem pakar yg melakukan penalaran dgn menggunakan isi knowledge base berdasarkan urutan.
2 metode utama telah dibuat bagi inference engine untuk menguji aturan: penalaran maju (forward reasoning) & penalaran mundur (reserve reasoning).
Development Engine
Pd proses ini melibatkan perangkat aturan. Ada 2 pendekatan dasar :
- Bahasa Pemrograman
- Shell sistem pakar
Shell sistem pakar membuat kecerdasan buatan terjangkau oleh perusahaan yang tidak memiliki SD yang diperlukan untuk mengembangkan sistem sendiri dengan menggunakan bahassa pemrograman. Ini merupakan cara terpopuler bagi perusahaan yang menerapkan sistem berbasis pengetahuan.
Keuntungan dan kerugian menggunakan suistem pakar
1. Keuntungan bagi Manager.
- Mempertimbangkan lebih banyak alternatif.
- Menerapkan logika yang lebih tinggi.
- Menyediakan lebih banyak waktu untukmengevaluasi hasil keputusan.
- Membuat keputusan yang lebih konsisten.
- Kinerja perusahaan lebih baik.
- Mempertahankan pengendalian atas pengetahuan perusahaan.
Kerugian sistem Pakar
Dua karakteristik sistem pakar membatasi kemampuanya sebagai alat pemecah masalah bisnis.
- Tidak dapat mengatasi masalh yang tidak konsisten. Ini merupakan kerugian karena dalam bisnis hanya sedikit yang tetap sepanjang waktu jarena berubah-ubahnya usia manusia.
- Tidak dapat melakukan penilaian dan intuisi yang merupakan inti penting saat memecahkan masalah semi terstruktur atau tidak terstruktur.
Dengan menggunakan umpan balik dari responden survey Prof.Gill mengidentifikasi 5 area diana pengembangan dapat diperbaiki.
- Koordinasikan pengembang sistem pakar dengan rencana bisnis strategi dan rencana strategis untuk sd informasi
- Definisikan secara jelas masalah yang akan dipecahkan dan akan dipahami sepenuhnya problem domain
- Berikan perhatian khusus bagi kelayakan legal ( dan etis ) dari sistem yang diusulkan.
- pahami sepenuhnya perhatian pemakai tentang proyek pengembagan maupun harapan mereka pada sistem operasional.
- Gunakan teknik management yang dirancang untuk menjaga tingkat kelelahan pengembang pada batas yang dadpat diterima.
Kecerdassan Buatan (Artificial Intellegence) adalah kegiatan yang diberikan mesin seperti komputer yaitu kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap cerdas yang diamati pada manusia.
AI mencakup kerja sabagai berikut:
- Jaringan Syaraf (Neural network) seperti kemampuan belajar, generalisasi, dan abstraksi.
- Sistem Persepsi menggunakan citra sinyal suara untuk menginstruksikan komputer atau alat lain, misal robot.
- Belajar meliputi kegiatan yang memungkinkan komputer atau alat lain untuk memperoleh pengetahuan sebagai tambahan dari apa yang telah dimasukan kedalam memori oleh pembuatnya atau pemrogramnya.
- Robotik terdiri dari alat yang dikendalikan komputer yang meniru aktivitas gerak manusia.
- Hardware AI Mencakup alat fisik yang membantu aplikasi AI.
- Pemrosesan bahasa Alamiah memungkinkan pemakai untuk berkomunikasi dengan komputer dalam berbagai bahasa dan memungkinkan komputer untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa.
0 komentar:
Posting Komentar